Langsung ke konten utama

RPP EKONOMI YANG DISERTAI EKSPLORASI ELABORASI DAN KONFIRMASI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
MAN YOGYAKARTA II

Mata Pelajaran             : Ekonomi

Kelas / Semester          :  X / Satu

Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan  dan sistem ekonomi

Kompetensi Dasar        :
1.1   Mengidentifikasi kebutuhan manusia

Indikator                      :
·   Mendeskripsikan pengertian kebutuhan
·   Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia
·   Mengidentifikasi macam-macam barang pemuas kebutuhan
·   Menentukan dan memberikan contoh macam-macam keguanaan barang
·   Menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan

Alokasi Waktu  : 5 jam pelajaran ( 3 X pertemuan)

Karakter yang diharapkan :  Jujur, Kerja Keras, Kritis, Kerjasama, Toleransi, Rasa ingin tahu




A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1.  Mendeskripsikan pengertian kebutuhan
2.  Menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
3.  Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan
4.  Mengidentifikasi macam-macam barang pemuas kebutuhan
5.  Menentukan dan memberikan contoh macam-macam keguanaan barang

B.    Materi Pembelajaran
1.  Pengertian Kebutuhan ( pertemuan 1)
    Kebutuhan merupakan keinginan manusia terhadap barang dan jasa yang dapat memberikan kepuasan bagi manusia demi menjaga kelangsungan hidupnya
2.  Macam-macam Kebutuhan ( pertemuan 2)
            Jenis-jenis kebutuhan
Ø  Kebutuhan menurut tingkat intensitas
1)     Primer  merupakan kebutuhan yang pokok dan paling penting untuk dipenuhi guna menjaga kelangsungan hidup.
Contoh : makanan, minuman, pakaian dan tempat tinggal
2)     Sekunder merupakan kebutuhan yang dipenuhi untuk melengkapi kebutuhan pokok
Contoh : perabot rumah antara lain meja, kursi, almari, televisi
3)     Tersier merupakan kebutuhan terhadap barang mewah sehingga lebih bersifat prestise atau untuk menaikkan gengsi manusia.
Contoh : mobil, perhiasan emas

Ø  Kebutuhan menurut sifat
1)     Jasmani merupakan kebutuhan untuk menjaga fisik atau badan manusia.
Contoh : makanan, pakaian
2)     Rohani merupakan kebutuhan untuk memenuhi kepuasan jiwa dalam diri manusia
Contoh : melaksanakan ibadah, memperoleh ilmu pengetahuan, rekreasi

Ø  Kebutuhan menurut subyek
1)     Individu merupakan kebutuhan perseorangan yang bertujuan memenuhi kepentingan diri sendiri
Contoh : pakaian, makanan
2)     Kelompok merupakan kebutuhan yang bersifat umum dan bertujuan untuk memenuhi kepentingan kelompok atau segolongan orang.
Contoh : jembatan, rumah sakit, sekolah

Ø  Kebutuhan menurut waktu
1)     Sekarang merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini dan tidak dapat ditunda
Contoh : obat bagi orang sakit
2)     Yang akan datang merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dapat dilakukan di masa yang akan datang sehingga dapat ditunda
Contoh : menabung

3.  Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan ( pertemuan 3)
a)         Jumlah / tingkat pendapatan
b)    Sifat alami manusia yang memilikki kebutuhan tidak terbatas
c)     Lingkungan alam / geografis dan sosial masyarakat daerah tempat tinggal
d)    Kemajuan tehnologi informasi dan peradaban
e)     Percampuran / akulturasi budaya
f)     Perdagangan internasional

4.  Macam-macam barang pemuas kebutuhan ( pertemuan 3)
5.  Kegunaan barang ( pertemuan 3)

C.    Metode Pembelajaran
1.   Analisa aktivitas, Ice Breaker
2.          Game CepatTepat tulis Ke Depan
3.          Debate dan Tulis Tangan Kiri

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran


Pertemuan 1 ( 2 jam pelajaran)

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi
Waktu
Karakter yang diharapkan

A.      Kegiatan awal:
a.      Apersepsi
         Memulai dengan doa, kemudian perkenalan antara guru dengan siswa
b.      Motivasi


10



B.        Kegiatan Inti :
a.Ice Breaking ( Orang Penting)

Prosedur
Dipandu oleh guru siswa berlomba mencari tanda tangan sebanyak-banyaknya dari teman sekelas dalam waktu yang ditentukan. Kemudian guru akan mencari siswa yang paling patuh terhadap aturan permainan dan banyak memperoleh tanda tangan. Dalam permainan ini guru bisa mengajarkan kejujuran dan semangat dalam menghadapi tantangan sekaligus membuat siswa baru menjadi lebih saling mengenal
     
b.    Kontrak belajar
Guru menyampaikan aturan-aturan dalam pembelajaran sekaligus prosedur penilaian. Siswa dan guru mengambil keputusan bersama.

c.Informasi pembelajaran
Guru menginformasikan standar kompensi dan kompetensi dasar yang akan dipelajari pada semester ini.

d.    Pembelajaran
Eksplorasi
·       Guru mengajak siswa untuk mengerjakan tugas pertama dengan menuliskan kebutuhan yang ia perlukan dari bangun tidur sampai ada di kelas ini
·      Menggali pengetahuan awal tentang kebutuhan

Elaborasi
·      Guru mengajak siswa untuk mengidentifikasi macam-macam kebutuhan, dimulai dengan diskusi tentang macam-macam kebutuhan yang telah ditulis siswa

Konfirmasi
·      Guru bersama dengan siswa menarik kesimpulan tentang pengertian kebutuhan
·      Menganalisa jawaban siswa terkait dengan kebutuhan yang telah dituliskan dan memberikan penambatan





30












15








30



Jujur
Kerjakeras



















Kritis

C.      Kegiatan Akhir :
a. Guru memberikan tugas rumah untuk membuat bagan klasifikasi kebutuhan
b.  Guru menutup pembelajaran



5

                       
                       
                        Pertemuan 2 ( 1 jam pelajaran)

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi
Waktu
Karakter yang diharapkan

A.      Kegiatan awal:
a.      Apersepsi
b.      Motivasi
c.      Menanyakan  tugas tentang bagan klasifikasi kebutuhan


5


C.        Kegiatan Inti :
Eksplorasi
·      Guru membagi siswa menjadi tiga kelompok, setiap kelompok diminta mempelajari bagan yang telah dibuat.
Elaborasi
·      Setelah mempelajari bagan siswa akan berlomba melengkapi bagan di papan tulis dipandu oleh guru. Adapun persyaratannya siswa yang telah maju tidak bisa maju untuk kedua kalinya. Kelompok yang paling cepat melengkapi bagan adalah kelompok pemenang.
·      Guru dan siswa akan mengakumulasi poin yang telah diperoleh pada hari ini.
Konfirmasi
·      Siswa menganalisa contoh kebutuhan yang telah ditulis pada pertemuan pertama bersarkan klasifikasi kebutuhan dibimbing oleh guru
·      Guru  bersama-sama dengan menyimpulkan materi pembelajaran


35













Kerjasama

C.      Kegiatan Akhir :
a. Guru memberikan tugas untuk merangkum materi benda pemuas kebutuhan dan kegunaan barang
b.  Guru menutup pembelajaran dan berdoa



5


                       
                        Pertemuan  3 ( 2 jam pelajaran)

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi
Waktu
Karakter yang diharapkan

A.      Kegiatan awal:
a.      Apersepsi
b.      Motivasi


5


B.       Kegiatan Inti :
          Debate tentang kebutuhan bahwa kebutuhan manusia itu sama dan ada juga yang berbeda untuk menjelaskan bahwa kebutuhan dipengaruhi oleh banyak faktor
          Eksplorasi
·   Guru membagi kelas menjadi dua kelompok, kelompok pertama kelompok pro ( kebutuhan manusia itu sama), kelompok kedua kelompok kontra ( kebutuhan itu tidak sama).
·    Guru memberikan waktu untuk mempelajari meteri yang akan dijadikan bahan debate.
Elaborasi
·   Setelah selesai membaca materi, guru menunjuk salah satu siswa pro untuk berbicara saat itu, kemudian ditanggapi oleh kelompok kontra. Demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
·   Guru mengamati siswa dan menuliskan pendapat yang dilontarkan siswa
          Konfirmasi
·   Guru memberikan penambatan dari setiap pendapat penting pada saat itu, dan menambahkan konsep atau ide yang belum terungkap.

            Tulis Tangan kiri
           Eksplorasi
Setelah debate untuk mendinginkan suasana guru mengajak siswa untuk mengidentifikasi atau menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan dengan menuliskannya menggunakan tangan kiri.
          Elaborasi
Siswa kemudian diminta mempersiapkan ringkasan materi tentang macam-macam barang pemuas kebutuhan dan kegunaan barang. Guru menyampaikan soal dari materi tersebut, siswa diminta menulis jawaban dengan tangan kiri. ( Soal Terlampir)
Konfirmasi
Guru dan siswa melakukan koreksi dari soal yang telah diberikan. Guru juga memberikan penjelasan untuk jawaban yang benar dan memberikan klarifikasi jawaban yang salah.
Guru memyimpulkan pembelajaran hari ini



35






















45





Toleransi
Rasa Ingin Tahu














Kreatif

C.      Kegiatan Akhir :
 a. Guru memberikan tugas untuk mencari artikel yang  menggambarkan kelangkaan
b.     Guru menutup pembelajaran dan berdoa



5




E. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran:

Sumber Belajar                 :    Ekonomi X Penerbit Yudhistira Bab 1 halaman 2-3
                                            Ekonomi X Penerbit Phibeta Halaman 1-11
                                            Ekonomi SMA    Penerbit Erlangga Halaman 1- 14
Media Pembelajaran         :    Bagan Klasifikasi Kebutuhan


F. Penilaian
1. Teknik
a.  Tes Tertulis
b. Tes Penilaian sikap

2. Bentuk Instrumen
a.  Kuis tentang macam-macam kebutuhan
b. Bagan klasifikasi kebutuhan
c.  Soal untuk jawaban ditulis tangan kiri ( Soal Terlampir)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

EKSPLORASI ELABORASI DAN KONFIRMASI DALAM RPP AKUNTANSI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN NO: 1 Satuan Pendidikan       : MAN YOGYAKARTA II Kelas / Semester          : XI / Satu Program                         : IPS Mata Pelajaran             : AKUNTANSI Jumlah Pertemuan       : 3 X Pertemuan Standar Kompetensi   : 5. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa Kompetensi Dasar    : A.    Indikator Pencapaian Kompetensi : Mendefinisikan pengertian akuntansi Menjelaskan kualitas informasi akuntansi Menjelaskan proses akuntansi dan kualitas informasi akuntansi Mengidentifikasi kegunaan informasi akuntansi bagi masing-masing pemakai Mengidentifikasi macam-macam bidang- bidang akuntansi Mengidentifikasi etika profesi akuntan B.    Tujuan Pembelajaran                                    : Setelah selesai kegiatan pembelajaran siswa dapat : 1.      Siswa dapat mendefinisikan pengertian akuntans 2.      Siswa dapat menjelaskan kualitas informasi akuntansi 3.      Siswa dapat menjelaskan pros
SEKOLAH RAMAH ANAK DAN BANGKITNYA GENERASI EMAS INDONESIA Korban kekerasan dan tawuran antar pelajar yang terjadi akhir-akhir ini cukup mencengangkan. Dari data yang ada tercatat enam orang  (siswa dan mahasiswa) yang tewas dalam aksi kekerasan tersebut.  Kemudian, apakah kita hanya akan diam saja? Tentu tidak! Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyatakan rekomendasi  terhadap penyelesaian kasus kekerasan pelajar Indonesia. Pemerintah bersama sekolah, masyarakat dan orang tua diminta untuk segera mewujudkan 'Sekolah Ramah Anak'. Dimana Sekolah harus menjadi rumah besar di mana anak didik dan guru serta orangtua bersentuhan dan tak ada kekerasan apalagi diskriminasi. Sekolah Ramah Anak adalah sekolah yang secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggungjawab. Prinsip utama adalah non diskriminasi kepentingan, hak hidup serta penghargaan terhadap anak.. Sebagaimana bunyi dalam pasal 4 UU No