Langsung ke konten utama

ONLINE DEMI DOGMIT UNTUK PENINGKATAN POTENSI DIRI

Siang malam ku selalu menatap layar terpaku, aku on line, online, on line, on line……….” itulah sepenggal lagu Saykoji yang pernah hits beberapa waktu yang lalu. Dan online sepertinya sekarang telah menjadi kebutuhan dasar. Namun tentunya akan lebih bermanfaat jika online yang dilakukan bukan sekedar untuk fun saja, tapi lebih untuk memperoleh manfaat bagi meningkatkan potensi diri. Maka salah satunya online, untuk mengikuti DOGMIT, Diklat Online Guru Melek IT.
Sebagai guru, dalam rangka meningkatkan kompetensi tentunya harus terus mengikuti perkembangan teknologi. Menurut saya pribadi, penguasan teknologi bagi guru mutlak dibutuhkan untuk pengembangan pembelajaran di kelas. Mau tidak mau kita terus dihadapkan pada perkembangan teknologi yang pesat. Jika guru hanya santai dan malas belajar, tentunya akan tertinggal.
Belajar sepanjang hayat bukan saja milik siswa, tapi juga milik guru. Oleh karena itu tentunya, guru tidak boleh berpuas diri dengan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki saat ini. Tapi hendaknya harus terus meninkatkan dan memperbarui. Misalnya saja terkait dengan IT, kita sebagai guru hendaknya terus belajar jangan samapai terlalu jauh tertinggal dengan anak-anak kita, yang lebih cepat menyerap perkembangan IT.  Sehingga peran kita sebagi pendidik yang harus terus memberikan bimbingan dan arahan bisa diterapkan di dunia maya bukan hanya saat di depan kelas saja. Bimbingan dan arahan tentu sangat dibutuhkan bagi anak-anak kita, agar mampu memanfaatkan perkembangan teknologi untuk sarana belajar bukan hanya sarana bermain-main dan bersenang-senang.
Oleh karena itu saya sangat bersemangat ketika ada informasi tentang DOGMIT ini. Walaupun saya menyadari banyak sekali keterbatasan yang saya miliki, namun tentunya tidak menjadi penghambat. Semoga dengan mengikuti DOGMIT ini kita sebagai guru, mampu menghadirkan pembelajaran yang lebih variatif dan tentu saja lebih kreatif. Dan juga mampu menjadi sahabat bagi anak-anak kita untuk bersama-sama memanfaatkan IT untuk meningkatkan potensi diri.
SALAM SEMANGAT

Sri Narwanti, S. Pd

Komentar

  1. sutuju, mengingat zaman skrg yg serba online itu sangat penting. mengingat ada jg daerah yang termasuk 3T (tertinggal, terdalam, terluar) yg saat ini tengah diprogramkan kemendikbud, kira2 teknik belajar bgimna yg cocok mengingat online masih dibilang sesuatu yg susah

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

EKSPLORASI ELABORASI DAN KONFIRMASI DALAM RPP AKUNTANSI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN NO: 1 Satuan Pendidikan       : MAN YOGYAKARTA II Kelas / Semester          : XI / Satu Program                         : IPS Mata Pelajaran             : AKUNTANSI Jumlah Pertemuan       : 3 X Pertemuan Standar Kompetensi   : 5. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa Kompetensi Dasar    : A.    Indikator Pencapaian Kompetensi : Mendefinisikan pengertian akuntansi Menjelaskan kualitas informasi akuntansi Menjelaskan proses akuntansi dan kualitas informasi akuntansi Mengidentifikasi kegunaan informasi akuntansi bagi masing-masing pemakai Mengidentifikasi macam-macam bidang- bidang akuntansi Mengidentifikasi etika profesi akuntan B.    Tujuan Pembelajaran                                    : Setelah selesai kegiatan pembelajaran siswa dapat : 1.      Siswa dapat mendefinisikan pengertian akuntans 2.      Siswa dapat menjelaskan kualitas informasi akuntansi 3.      Siswa dapat menjelaskan pros
SEKOLAH RAMAH ANAK DAN BANGKITNYA GENERASI EMAS INDONESIA Korban kekerasan dan tawuran antar pelajar yang terjadi akhir-akhir ini cukup mencengangkan. Dari data yang ada tercatat enam orang  (siswa dan mahasiswa) yang tewas dalam aksi kekerasan tersebut.  Kemudian, apakah kita hanya akan diam saja? Tentu tidak! Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyatakan rekomendasi  terhadap penyelesaian kasus kekerasan pelajar Indonesia. Pemerintah bersama sekolah, masyarakat dan orang tua diminta untuk segera mewujudkan 'Sekolah Ramah Anak'. Dimana Sekolah harus menjadi rumah besar di mana anak didik dan guru serta orangtua bersentuhan dan tak ada kekerasan apalagi diskriminasi. Sekolah Ramah Anak adalah sekolah yang secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggungjawab. Prinsip utama adalah non diskriminasi kepentingan, hak hidup serta penghargaan terhadap anak.. Sebagaimana bunyi dalam pasal 4 UU No

MENUJU KEBANGKITAN BANGSA

              Pendidikan karakter menjadi tema peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini. Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) memberi tema "Pendidikan Karakter sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa (Raih Prestasi Junjung Tinggi Budi Pekerti)" . Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh mengatakan, pendidikan karakter akan semakin dikuatkan implementasinya pada tahun pelajaran baru 2011/2012. Pendidikan karakter itu nantinya dimasukkan ke setiap mata pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler.             Masalahnya, quo vadis pendidikan karakter di Indonesia? Kalau memang akan diterapkan dalam berbagai mata pelajaran dan kegiatan ekstra kurikuler tentunya harus ada pedoman atau kurikulum yang jelas dan komprehensif. Pendidikan karakter perlu dipersiapkan dengan matang dan dilaksanakan secara bertahap supaya tidak menjadi sekadar pengetahuan atau indoktrinasi. Jangan sampai mengulang kesalahan pendidikan P4 di masa lalu dimana hanya menjadi hafalan semata.