Langsung ke konten utama

EKSPLORASI ELABORASI DAN KONFIRMASI DALAM RPP AKUNTANSI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO: 1

Satuan Pendidikan      : MAN YOGYAKARTA II

Kelas / Semester          : XI / Satu

Program                        : IPS

Mata Pelajaran             : AKUNTANSI

Jumlah Pertemuan      : 3 X Pertemuan

Standar Kompetensi   : 5. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa

Kompetensi Dasar    :

A.   Indikator Pencapaian Kompetensi :
  • Mendefinisikan pengertian akuntansi
  • Menjelaskan kualitas informasi akuntansi
  • Menjelaskan proses akuntansi dan kualitas informasi akuntansi
  • Mengidentifikasi kegunaan informasi akuntansi bagi masing-masing pemakai
  • Mengidentifikasi macam-macam bidang- bidang akuntansi
  • Mengidentifikasi etika profesi akuntan


B.   Tujuan Pembelajaran                                   :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1.     Siswa dapat mendefinisikan pengertian akuntans
2.     Siswa dapat menjelaskan kualitas informasi akuntansi
3.     Siswa dapat menjelaskan proses kegiatan akuntansi
4.     Siswa dapat mengidentifikasi kegunaan informasi akuntansi bagi pemakai intern
5.     Siswa dapat mengidentifikasi kegunaan informasi akuntansi bagi pemakai ekstern
6.     Siswa dapat mengidentifikasi bidang-bidang akuntansi
7.     Siswa dapat mengidentifikasi etika profesi akuntan


C.   Karakter yang diharapkan :  Religius, Kritis, Kerjasama, Percaya diri

D.   Materi Pembelajaran

1.    Pengertian Akuntansi
Kata akuntansi berasal dari bahasa Inggris accountancy atau accounting. Kedua kata itu dibentuk dari kata to account, yang artinya memperhitungkan. Istilah accountancy menekankan pengertian akuntansi dari segi praktik, sedangkan accounting menekankan pada segi ilmu pengetahuan.
Sebagai ilmu pengetahuan, akuntansi telah didefinisikan oleh banyak pihak. Salah satu definisi yang banyak digunakan adalah definisi yang dikeluarkan oleh American Accounting Association bahwa akuntansi adalah proses pengidentifikasian, pengukuran dan pengomunikasian informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya pertimbangan dan keputusan bagi pemakai informasi itu.

2.              Kualitas Informasi Akuntansi
a.    Dapat dipahami
b.    Relevan
c.    Material
d.    Keandalan
e.    Penyajian jujur
f.     Substansi mengguli bentuk
g.    Netralitas
h.    Pertimbangan sehat
i.      Kelengkapan
j.      Dapat dibandingkan

3.      Proses Akuntansi
Kegiatan dari proses akuntansi dapat digambarkan sebagai berikut :


4.                    Kegunaan Informasi Akuntansi
a.    Perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan yang efektif bagi manajemen sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam pengelolaan suatu organisasi
b.    Pertanggungjawaban manajemen suatu organisasi atau badan usaha kepada pihak-pihak yang berkepentingan yang diwujudkan dalam bentuk informasi akuntansi untuk mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan atau usaha organisasi yang dikelola.

Pemakai Informasi Akuntansi
Pihak intern     : pihak yang diberi tanggung jawab melakukan kegiatan perusahaan, yaitu pimpinan perusahaan/ manajer
Pihak ekstern  : pemilik perusahaan, kreditor, bada-badan pemerintah, karyawan, pelanggan perusahaan

5.                    Bidang-bidang Akuntansi

a.    Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)
b.    Pemeriksaan Keuangan (Auditing
c.     Akuntansi Manajemen (Management Accounting)
d.    Akuntansi Biaya (Cost Accounting)
e.    Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)
f.     Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting)
g.    Sistem Akuntansi (Accounting System)
h.    Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting)
i.     Akuntansi Pendidikan (Educational Accounting)
j.      Akuntansi Sosial (Social Accounting)

6.      Etika Profesi akuntansi

Pada bagian ini disebutkan bahwa setiap anggota IAI harus :
1)      Jujur dan dengan segala ketulusan hati menghindarkan semua perilaku yang dapat   merugikan nama baik profesi
2)      Bertindak dengan kesadaran atas kewajibannya
3)      Menjunjung etika profesi dan hukum
4)      Menghindari perbuatan (tidak boleh melakukan kegiatan) yang dapat menimbulkan pertentangan dengan kewajiban profesionalnya.

             Kode etik profesi akuntan publik
Pada bagian ini ditekankan masalah independensi, integritas dan objektivitas bagi akuntan publik. Independen berarti bebas dari pengaruh, tidak dikendalikan oleh pihak lain, dan tidak bergantung pada pihak lain. Integritas adalah prinsip moral yang tidak memihak dan jujur. Seseorang yang memiliki integritas tinggi, memandang dan mengemukakan fakta seperti apa adanya. Adapun objektivitas, berarti sikap tidak memihak dalam mempertimbangkan fakta, terlepas dari kepentingan pribadi yang melekat pada fakta yang dihadapinya

E.    Alokasi Waktu           : 6 Jam Pelajaran ( 3 kali pertemuan)


F.    Metode Pembelajaran ; Cermah, Diskusi


G.   Langkah-Langkah Pembelajaran


Pertemuan 1 ( 2 X 45 menit)
Tujuan Pembelajaran Pertemuan 1      :
                  Setelah selesai kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1.   Siswa dapat mendefinisikan pengertian akuntansi
    1. Siswa dapat menjelaskan kualitas informasi akuntansi


NO
KEGIATAN
METODE/ PENDEKATAN
WAKTU
( menit)
KEGIATAN
GURU
SISWA
 AWAL
Apersepsi
   Guru memperkenalkan diri dan mencoba mengenal siswa
Kontrak belajar dengan siswa

Motivasi
         Guru menyampaikan bahwa pembelajaran akuntansi menyenangkan



Siswa mengenalkan diri dan berkenalan dengan guru
Kontrak belajar dengan guru


20
INTI
Eksplorasi
·     Guru  menyampaikan Standar kompetensi dan kompetensi Dasar pelajaran akuntansi

·     Guru meminta siswa membuat definisi akuntansi menurut bahasa mereka sendiri



·     Guru memberikan reward

·     Guru  menjelaskan pengertian akuntansi dan sejarah akuntansi

·      Guru  menjelaskan tentang kualitas informasi akuntansi

Elaborasi
Guru menyampaikan Permainan Huruf Pilihan,
Prodesur
Siswa diminta menyebutkan dan menjelaskan  kualitas informasi akuntansi dengan pancingan satu huruf. Misal Guru menyebutkan huruf C maka siswa bisa menyebutkan Comparability, siswa yang lain menjelaskan pengertiannya

Konfirmasi
Guru memberikan penambatan dan memasukkan nilai bagi siswa yang aktif menyampaikan pendapat/ jawaban



·     Siswa memperhatikan informasi yang disampaikan


·     Siswa menyampaikan pendapat tentang pengertian akuntansi dengan bahasa mereka sendiri (kritis, percaya diri)



·     Siswa memperhatian penjelasan








Siswa melakukan permainan dengan difasilitasi guru







CERAMAH





















PERMAINAN HURUF PILIHAN

25





25





















10
PENUTUP
·        Guru  menyimpulkan materi dan menutup pembelajaran
·        Guru  meminta siswa untuk mencari informasi tentang proses kegiatan akuntansi
·        Guru menutup pembelajaran

·      Siswa memperhatikan kesimpulan pembelajaran hari ini
·     Mencatat tugas yang diberikan guru
·     Berdoa bersama-sama

10


Pertemuan 2 ( 2 X 45 menit )
Tujuan Pembelajaran     :
·         Siswa dapat menjelaskan proses kegiatan akuntansi
·         Siswa dapat mengidentifikasi kegunaan informasi akuntansi bagi pemakai intern
·         Siswa dapat mengidentifikasi kegunaan informasi akuntansi bagi pemakai ekstern
·         Siswa dapat mengidentifikasi bidang-bidang akuntansi


NO
KEGIATAN
METODE/ PENDEKATAN
WAKTU
( Menit)
KEGIATAN
GURU
SISWA
AWAL
Apersepsi
Motivasi
 Menanyakan  tugas tentang proses kegiatan akuntansi dan memberikan reward bagi siswa yang telah menyelesaikan tugas



Siswa menunjukkan tugas yang telah diselesaikan


5
INTI
Eksplorasi
Guru menggali informasi tentang tentang proses akuntasi
Elaborasi
·        Guru  menjelaskan tentang proses kegiatan akuntansi
·        Guru meminta siswa menyampaikan mengulang materi, siswa ditunjuk secara acak, siswa yang bisa menjelaskan mendapatkan reward
·      Guru  menjelaskan tentang proses kegiatan akuntansi
·    Guru meminta siswa menjelaskan ulang tentang proses kegiatan akuntansi, guru memilih siswa secara acak serta memberikan reward
·    Guru  menjelaskan tentang kegunaan dan pemakai informasi akuntansi
·      Guru  menjelaskan tentang bidang-bidang akuntansi
·      Guru  memberikan LKS 1 ( soal terlampir
·      Guru bersama-sama dengan siswa mengoreksi jawaban

Konfirmasi
·     Guru memberikan penjelasan tentang jawabanyang benar dan salah
·     Guru memberikan umpan balik dari materi yang telah dijelaskan



Siswa menyampaikan pendapat ( Percaya Diri)



Siswa menyampaikan pendapat ( Percaya Diri






Siswa menyampaikan pendapat ( Percaya Diri




Siswa memperhatikan penjelasan



Siswa menyelesaikan LKS
Bersama guru mengoreksi LKS yang telah dikerjakan




CERAMAH DISERTAI TANYA JAWAB



















CERAMAH DISERTAI PENUGASAN

10


15





















15





20


10




10
PENUTUP
·         Guru bersama-sama siswa menyimpulkan keseluruhan pembelajaran hari ini
·         Guru  memberikan tugas mencari data tentang etika profesi akuntan
·         Guru  menutup pembelajaran







Mencatat tugas yang diberikan guru


Berdoa bersama-sama mentup pembelajaran
( religius)


5
                 
Pertemuan 3 ( 2 X 45 menit )
Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat mengidentifikasi etika profesi akuntan


NO
KEGIATAN
METODE/ PENDEKATAN
WAKTU
KEGIATAN
GURU
SISWA
AWAL
Apersepsi
Motivasi
 Menanyakan  tugas tentang etika profesi akuntan dan memberikan reward bagi siswa yang telah mengerjakan



Siswa menyampaikan tugas tentang etika profesi akuntan




5
INTI
Eksplorasi
·     Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok
·     Guru memberikan berita/ kasus yang berkaitan dengan etika profesi akuntansi

Elaborasi
·     Guru meminta siswa berdiskusi tentang etika profesi sesuai kasus yang dimiliki
·     Guru meminta tiap-tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya

Konfirmasi
·     Guru memberikan komentar hasil diskusi
·     Guru memberikan klarifikasi dan penambatan tentang materi etika profesi akuntan

Siswa berkelompok sesuai pembagian guru






Siswa bekerjasama berdiskusi tentang kasus yang dimiliki (kerjasama)
Siswa mempresentasikan hasil diskusinya ( percaya diri, saling menghargai)

Siswa memperhatikan penjelasan, dan membuat catatan










DISKUSI

5








15



45




10
PENUTUP
·     Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini
·     Guru mengulang materi yang telah diberikan tentang KD 1
·     Guru menyampaikan pertemuan berikutnya akan diadakan Ulangan Harian


·     Guru menutup pembelajaran dan berdoa






Mencatat informasi tentang UH yang akan diselenggarakan


Berdoa bersama-sama mentup pembelajaran
( religius)


10

H.   Penilaian Hasil Belajar
·         Teknik Penilaian
1)    Tes Tertulis
2)    Tes Lisan
3)    Tes penilaian sikap
·         Bentuk Penilaian
1)    Soal pilihan ganda dan uaraian
2)    Soal jawaban singkat
3)    Hasil obesrvasi diskusi
·         Instrumen ( Terlampir)
·         Jumlah Soal ( Terlampir)

No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai
Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat
Kerja sama











Rentan nilai                                                    
1.    Nilai                                                                       1-20
2.    Keaktifan                                                               1-20
3.    Wawasan                                                              1-20
4.    Kemampuan mengemukakan pendapat              1-20
5.    Kerja sama                                                            1-20

I.      Sumber Belajar
·   Buku Akuntansi Kelas XI, Agus Suranto, S. Pd dkk,   Yudhistira, 2005 halaman 2-16
·   Buku Akuntansi 1, Indah Purwaningsih. Erlangga: 1998 halaman 2-17
·   Buku Ekonomi SMA dan MA Kelas XI. Esis: 2007 halaman 156-157


                                                                                    Yogyakarta,   Juli 2011


Mengetahui
Kepala MAN Yogyakarta II                                              Guru Mata Pelajaran






DR. Subiyantoro, M. Ag                                                           Sri Narwanti, S. Pd              
NIP.     19590410 198503 1 005                                               NIP. 19830214 200710 2 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKOLAH RAMAH ANAK DAN BANGKITNYA GENERASI EMAS INDONESIA Korban kekerasan dan tawuran antar pelajar yang terjadi akhir-akhir ini cukup mencengangkan. Dari data yang ada tercatat enam orang  (siswa dan mahasiswa) yang tewas dalam aksi kekerasan tersebut.  Kemudian, apakah kita hanya akan diam saja? Tentu tidak! Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyatakan rekomendasi  terhadap penyelesaian kasus kekerasan pelajar Indonesia. Pemerintah bersama sekolah, masyarakat dan orang tua diminta untuk segera mewujudkan 'Sekolah Ramah Anak'. Dimana Sekolah harus menjadi rumah besar di mana anak didik dan guru serta orangtua bersentuhan dan tak ada kekerasan apalagi diskriminasi. Sekolah Ramah Anak adalah sekolah yang secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggungjawab. Prinsip utama adalah non diskriminasi kepentingan, hak hidup serta penghargaan terhadap anak.. Sebagaimana bunyi dalam pasal 4 UU No