RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO: 1
Satuan Pendidikan : MAN YOGYAKARTA II
Kelas / Semester : XI / Satu
Program : IPS
Mata Pelajaran : AKUNTANSI
Jumlah Pertemuan : 3 X Pertemuan
Standar Kompetensi : 5. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa
Kompetensi Dasar :
A. Indikator Pencapaian Kompetensi :
- Mendefinisikan pengertian akuntansi
- Menjelaskan kualitas informasi akuntansi
- Menjelaskan proses akuntansi dan kualitas informasi akuntansi
- Mengidentifikasi kegunaan informasi akuntansi bagi masing-masing pemakai
- Mengidentifikasi macam-macam bidang- bidang akuntansi
- Mengidentifikasi etika profesi akuntan
B. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1. Siswa dapat mendefinisikan pengertian akuntans
2. Siswa dapat menjelaskan kualitas informasi akuntansi
3. Siswa dapat menjelaskan proses kegiatan akuntansi
4. Siswa dapat mengidentifikasi kegunaan informasi akuntansi bagi pemakai intern
5. Siswa dapat mengidentifikasi kegunaan informasi akuntansi bagi pemakai ekstern
6. Siswa dapat mengidentifikasi bidang-bidang akuntansi
7. Siswa dapat mengidentifikasi etika profesi akuntan
C. Karakter yang diharapkan : Religius, Kritis, Kerjasama, Percaya diri
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Akuntansi
Kata akuntansi berasal dari bahasa Inggris accountancy atau accounting. Kedua kata itu dibentuk dari kata to account, yang artinya memperhitungkan. Istilah accountancy menekankan pengertian akuntansi dari segi praktik, sedangkan accounting menekankan pada segi ilmu pengetahuan.
Sebagai ilmu pengetahuan, akuntansi telah didefinisikan oleh banyak pihak. Salah satu definisi yang banyak digunakan adalah definisi yang dikeluarkan oleh American Accounting Association bahwa akuntansi adalah proses pengidentifikasian, pengukuran dan pengomunikasian informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya pertimbangan dan keputusan bagi pemakai informasi itu.
2. Kualitas Informasi Akuntansi
a. Dapat dipahami
b. Relevan
c. Material
d. Keandalan
e. Penyajian jujur
f. Substansi mengguli bentuk
g. Netralitas
h. Pertimbangan sehat
i. Kelengkapan
j. Dapat dibandingkan
3. Proses Akuntansi
Kegiatan dari proses akuntansi dapat digambarkan sebagai berikut :
4. Kegunaan Informasi Akuntansi
a. Perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan yang efektif bagi manajemen sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam pengelolaan suatu organisasi
b. Pertanggungjawaban manajemen suatu organisasi atau badan usaha kepada pihak-pihak yang berkepentingan yang diwujudkan dalam bentuk informasi akuntansi untuk mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan atau usaha organisasi yang dikelola.
Pemakai Informasi Akuntansi
Pihak intern : pihak yang diberi tanggung jawab melakukan kegiatan perusahaan, yaitu pimpinan perusahaan/ manajer
Pihak ekstern : pemilik perusahaan, kreditor, bada-badan pemerintah, karyawan, pelanggan perusahaan
5. Bidang-bidang Akuntansi
a. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)
b. Pemeriksaan Keuangan (Auditing
c. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)
d. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)
e. Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)
f. Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting)
g. Sistem Akuntansi (Accounting System)
h. Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting)
i. Akuntansi Pendidikan (Educational Accounting)
j. Akuntansi Sosial (Social Accounting)
6. Etika Profesi akuntansi
Pada bagian ini disebutkan bahwa setiap anggota IAI harus :
1) Jujur dan dengan segala ketulusan hati menghindarkan semua perilaku yang dapat merugikan nama baik profesi
2) Bertindak dengan kesadaran atas kewajibannya
3) Menjunjung etika profesi dan hukum
4) Menghindari perbuatan (tidak boleh melakukan kegiatan) yang dapat menimbulkan pertentangan dengan kewajiban profesionalnya.
Kode etik profesi akuntan publik
Pada bagian ini ditekankan masalah independensi, integritas dan objektivitas bagi akuntan publik. Independen berarti bebas dari pengaruh, tidak dikendalikan oleh pihak lain, dan tidak bergantung pada pihak lain. Integritas adalah prinsip moral yang tidak memihak dan jujur. Seseorang yang memiliki integritas tinggi, memandang dan mengemukakan fakta seperti apa adanya. Adapun objektivitas, berarti sikap tidak memihak dalam mempertimbangkan fakta, terlepas dari kepentingan pribadi yang melekat pada fakta yang dihadapinya
E. Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran ( 3 kali pertemuan)
F. Metode Pembelajaran ; Cermah, Diskusi
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 ( 2 X 45 menit)
Tujuan Pembelajaran Pertemuan 1 :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1. Siswa dapat mendefinisikan pengertian akuntansi
- Siswa dapat menjelaskan kualitas informasi akuntansi
NO | KEGIATAN | METODE/ PENDEKATAN | WAKTU ( menit) | |
KEGIATAN | GURU | SISWA | ||
AWAL | Apersepsi Guru memperkenalkan diri dan mencoba mengenal siswa Kontrak belajar dengan siswa Motivasi Guru menyampaikan bahwa pembelajaran akuntansi menyenangkan | Siswa mengenalkan diri dan berkenalan dengan guru Kontrak belajar dengan guru | | 20 |
INTI | Eksplorasi · Guru menyampaikan Standar kompetensi dan kompetensi Dasar pelajaran akuntansi · Guru meminta siswa membuat definisi akuntansi menurut bahasa mereka sendiri · Guru memberikan reward · Guru menjelaskan pengertian akuntansi dan sejarah akuntansi · Guru menjelaskan tentang kualitas informasi akuntansi Elaborasi Guru menyampaikan Permainan Huruf Pilihan, Prodesur Siswa diminta menyebutkan dan menjelaskan kualitas informasi akuntansi dengan pancingan satu huruf. Misal Guru menyebutkan huruf C maka siswa bisa menyebutkan Comparability, siswa yang lain menjelaskan pengertiannya Konfirmasi Guru memberikan penambatan dan memasukkan nilai bagi siswa yang aktif menyampaikan pendapat/ jawaban | · Siswa memperhatikan informasi yang disampaikan · Siswa menyampaikan pendapat tentang pengertian akuntansi dengan bahasa mereka sendiri (kritis, percaya diri) · Siswa memperhatian penjelasan Siswa melakukan permainan dengan difasilitasi guru | CERAMAH PERMAINAN HURUF PILIHAN | 25 25 10 |
PENUTUP | · Guru menyimpulkan materi dan menutup pembelajaran · Guru meminta siswa untuk mencari informasi tentang proses kegiatan akuntansi · Guru menutup pembelajaran | · Siswa memperhatikan kesimpulan pembelajaran hari ini · Mencatat tugas yang diberikan guru · Berdoa bersama-sama | | 10 |
Pertemuan 2 ( 2 X 45 menit )
Tujuan Pembelajaran :
· Siswa dapat menjelaskan proses kegiatan akuntansi
· Siswa dapat mengidentifikasi kegunaan informasi akuntansi bagi pemakai intern
· Siswa dapat mengidentifikasi kegunaan informasi akuntansi bagi pemakai ekstern
· Siswa dapat mengidentifikasi bidang-bidang akuntansi
NO | KEGIATAN | METODE/ PENDEKATAN | WAKTU ( Menit) | |
KEGIATAN | GURU | SISWA | ||
AWAL | Apersepsi Motivasi Menanyakan tugas tentang proses kegiatan akuntansi dan memberikan reward bagi siswa yang telah menyelesaikan tugas | Siswa menunjukkan tugas yang telah diselesaikan | | 5 |
INTI | Eksplorasi Guru menggali informasi tentang tentang proses akuntasi Elaborasi · Guru menjelaskan tentang proses kegiatan akuntansi · Guru meminta siswa menyampaikan mengulang materi, siswa ditunjuk secara acak, siswa yang bisa menjelaskan mendapatkan reward · Guru menjelaskan tentang proses kegiatan akuntansi · Guru meminta siswa menjelaskan ulang tentang proses kegiatan akuntansi, guru memilih siswa secara acak serta memberikan reward · Guru menjelaskan tentang kegunaan dan pemakai informasi akuntansi · Guru menjelaskan tentang bidang-bidang akuntansi · Guru memberikan LKS 1 ( soal terlampir · Guru bersama-sama dengan siswa mengoreksi jawaban Konfirmasi · Guru memberikan penjelasan tentang jawabanyang benar dan salah · Guru memberikan umpan balik dari materi yang telah dijelaskan | Siswa menyampaikan pendapat ( Percaya Diri) Siswa menyampaikan pendapat ( Percaya Diri Siswa menyampaikan pendapat ( Percaya Diri Siswa memperhatikan penjelasan Siswa menyelesaikan LKS Bersama guru mengoreksi LKS yang telah dikerjakan | CERAMAH DISERTAI TANYA JAWAB CERAMAH DISERTAI PENUGASAN | 10 15 15 20 10 10 |
PENUTUP | · Guru bersama-sama siswa menyimpulkan keseluruhan pembelajaran hari ini · Guru memberikan tugas mencari data tentang etika profesi akuntan · Guru menutup pembelajaran | Mencatat tugas yang diberikan guru Berdoa bersama-sama mentup pembelajaran ( religius) | | 5 |
Pertemuan 3 ( 2 X 45 menit )
Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat mengidentifikasi etika profesi akuntan
NO | KEGIATAN | METODE/ PENDEKATAN | WAKTU | |
KEGIATAN | GURU | SISWA | ||
AWAL | Apersepsi Motivasi Menanyakan tugas tentang etika profesi akuntan dan memberikan reward bagi siswa yang telah mengerjakan | Siswa menyampaikan tugas tentang etika profesi akuntan | | 5 |
INTI | Eksplorasi · Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok · Guru memberikan berita/ kasus yang berkaitan dengan etika profesi akuntansi Elaborasi · Guru meminta siswa berdiskusi tentang etika profesi sesuai kasus yang dimiliki · Guru meminta tiap-tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya Konfirmasi · Guru memberikan komentar hasil diskusi · Guru memberikan klarifikasi dan penambatan tentang materi etika profesi akuntan | Siswa berkelompok sesuai pembagian guru Siswa bekerjasama berdiskusi tentang kasus yang dimiliki (kerjasama) Siswa mempresentasikan hasil diskusinya ( percaya diri, saling menghargai) Siswa memperhatikan penjelasan, dan membuat catatan | DISKUSI | 5 15 45 10 |
PENUTUP | · Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini · Guru mengulang materi yang telah diberikan tentang KD 1 · Guru menyampaikan pertemuan berikutnya akan diadakan Ulangan Harian · Guru menutup pembelajaran dan berdoa | Mencatat informasi tentang UH yang akan diselenggarakan Berdoa bersama-sama mentup pembelajaran ( religius) | | 10 |
H. Penilaian Hasil Belajar
· Teknik Penilaian
1) Tes Tertulis
2) Tes Lisan
3) Tes penilaian sikap
· Bentuk Penilaian
1) Soal pilihan ganda dan uaraian
2) Soal jawaban singkat
3) Hasil obesrvasi diskusi
· Instrumen ( Terlampir)
· Jumlah Soal ( Terlampir)
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | |||
| | | | | | | |
Rentan nilai
1. Nilai 1-20
2. Keaktifan 1-20
3. Wawasan 1-20
4. Kemampuan mengemukakan pendapat 1-20
5. Kerja sama 1-20
I. Sumber Belajar
· Buku Akuntansi Kelas XI, Agus Suranto, S. Pd dkk, Yudhistira, 2005 halaman 2-16
· Buku Akuntansi 1, Indah Purwaningsih. Erlangga: 1998 halaman 2-17
· Buku Ekonomi SMA dan MA Kelas XI. Esis: 2007 halaman 156-157
Yogyakarta, Juli 2011
Mengetahui
Kepala MAN Yogyakarta II Guru Mata Pelajaran
DR. Subiyantoro, M. Ag Sri Narwanti, S. Pd
NIP. 19590410 198503 1 005 NIP. 19830214 200710 2
Komentar
Posting Komentar